Laman

Jumat, 08 April 2011

Analysing the Web

Tujuan menganalisa suatu website adalah mengetahui semua peringkat/rangking suatu website dilihat dari tingkat kepopulerannya, sehingga dapat diketahui kekurangan apa yang harus diperbaiki untuk mendapatkan web yang optimal. Selain itu mengetahui prediksi suatu website dalam hal : kisaran harga website ( marketplace) serta berapa kisaran pendapatan yang dihasilkan website tersebut dalam periode tertentu.
Menganalisa Situs Web dengan Web Log
Kadangkala kita melupakan web log yang sebenarnya merupakan petunjuk bagi kita mengenai eksistensi sebuah web. Web log sendiri sebenarnya sudah disediakan oleh layanan server-server. Adapun web log sendiri di dalamnya berisi berbagai informasi berharga yang memantau perkembangan situs-situs web.
Web Log
Web log merupakan sarana yang mencatat pengunjung yang mendatangi situs web. Data yang dicatat sangat beragam dan berguna, mulai dari alamat situs (URL) hingga informasi browser dan sistem operasi apa yang dipakai. Setiap web log mencatat sebuah informasi mengenai setiap pengunjung website dan mengumpulkannya setiap hari untuk kemudian disajikan baik dalam bentuk laporan, grafik, gambar, dan sebagainya. Sedangkan untuk kuantitas data, sangatlah tidak mungkin untuk menganalisis efektifitasnya tanpa mempergunakan software Web Log Analyse.
Web Log Analisys Software
Ada banyak sekali aplikasi web log. Salah satunya, yang bersifat bebas dan gratis adalah AWStats. Versi terbarunya dirilis pada bulan Juli yang lalu, diiklankan mendukung domain-domain baru level atas, seperti .jobs dan .mobi. AWStats ini dapat dipergunakan dengan memakai dua macam server paling terkenal, yaitu Apache ataupun IIS.
Banyak jasa layanan web hosting yang menyertakan AWStats sebagai aplikasi cuma-cuma yang dapat diakses langsung dari masing-masing web site. Kalaupun web hosting yang Anda pakai belum menyediakan fasilitas AWStats, maka Anda dapat mendownloadnya secara cuma-cuma dan menginstalnya pada komputer Anda. Jangan lupa juga untuk mendownload file web log ke server Anda. Selain itu juga jangan lupa mengintall Perl, karena AWStats dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman ini. Untuk versi gratis dari Windows disediakan ActivePerl Standart Distribution dari Active State.
Menganalisa Web Log
AWStats sendiri akan menampilkan barisan data informasi mengenai website traffic laporan kunjungan dari bulan ke bulan berikutnya, seperti banyaknya pengunjung, halaman yang dikunjungi, bandwith yang dipergunakan, juga bagaimana cara mereka terhubung dengan situs Anda, apakah terhubung secara langsung dengan mengetikkan alamat situs pada browser, ataukah melalui bookmark, atau arahan dari situs pencarian (Web Search). Biasanya data-data ini didukung pula oleh diagram atau chart yang menggambarkan data tersebut sehingga akan lebih mudah dipahami.
Untuk sebuah situs, cara termudah untuk meningkatkan kunjungan adalah dengan menambahkan garmbar-gambar yang menarik dan relevan pada sebuah situs web. Untuk sebuah situs web e-commerce, banyaknya pengunjung atau visitor adalah kunci yang menentukan kesuksesannya. Cara lain untuk meningkatkan jumlah pengunjung adalah dengan Global Search Engine. Banyak pemgunjung yang biasanya dijaring dari arahan situs-situs pencarian ini, karena jika pengunjung tidak tahu alamat situs yang berkaitan dengan informasi yang mereka cari, maka mereka akan mencari melalui Global Search Engine tersebut. Adapun beberapa contoh situs pencarian yang terkenal antara lain adalah Google dan Yahoo.

Tidak ada komentar: