Laman

Jumat, 26 April 2013

[Artikel] Dampak Adanya Komputasi Modern

Menurut Don Tapscott (1995) dalam bukunya yang berjudul “The Digital Economy : Promise and Peril In The Age of Networked Intelligence” menggambarkan bagaimana dampak teknologi komputasi pada kehidupan manusia. Aplikasi teknologi kurang sempurna tanpa dukungan mesin pintar yang berkemampuan analitik. Kehadiran teknologi komputasi yang semakin canggih telah merubah gaya hidup manusia dan tuntutan pada kompetensi manusia. Kini kehidupan manusia semakin tergantung pada komputer. Berikut ini hal-hal yang menggambarkan konsep kepintaran komputasi yang didukung dengan aplikasi teknologi.
1.    Produk yang digerakkan sistem komputer
a.    Smart car (mobil pintar)
b.    Smart card (kartu pintar)
c.    Smart house (rumah pintar)
d.    Smart road (jalan pintar)
2.    Perancangan produk dikelola oleh computer
3.    Proses kerja yang digerakkan oleh computer
4.    Komputer menjadi sarana komunikasi yang efektif
5.    Komputer sebagai pusat informasi
Di samping berdampak struktural pada kehidupan manusia, teknologi juga membangkitkan proses kultural dalam masyarakat yang diterpanya. Inilah gejala yang oleh N. Postman disebut technopoly, yang olehnya digambarkan sebagai berikut : “Technopoly is a state of culture. It is also a state of mind. It consist in the deification of technology, which means that the culture seeks it’s satisfactions in technology, and takes it’s orders from technology”. Maka yang menjadi masalah ialah sejauh mana suatu masyarakat siap memasuki zaman yang ditandai oleh supremasi teknologi sebagai daya pembangkit budaya baru tanpa merapuhkan ketahanan budayanya sendiri. Dengan demikian, maka tidak keliru pula untuk menyatakan bahwa dominasi teknologi akan berlanjut dengan berseminya budaya baru yang melahirkan berbagai nilai baru pula yang cenderung menjadi acuan perilaku manusia modern dalam berbagai pola interaksi dengan sesamanya.

tanggal akses : 26 April 2013

Komentar :
Pada kehidupan manusia jaman sekarang yang teknologinya makin berkembang, sehingga pekerjaan manusia bisa lebih mudah dan cepat untuk diselesaikan. Dari banyaknya keuntungan yang didapat dari adanya perkembangan teknologi komputasi ini ternyata ada juga dampaknya yaitu, struktural pada kehidupan manusia dan dapat membangkitkan proses kultural dalam masyarakat yang diterpanya. Sehingga yang menjadi masalah ialah sejauh mana suatu masyarakat siap memasuki zaman yang ditandai oleh supremasi teknologi sebagai daya pembangkit budaya baru tanpa merapuhkan ketahanan budayanya sendiri.

Tidak ada komentar: