Laman

Kamis, 14 April 2011

Taman Nasional Komodo Menjadi Finalis The New 7 Wonders

tamankomododalam
Sumber: new7wonder.com
Menjadi sebuah kebanggaan bagi bangsa Indonesia ketika Taman Nasional Komodo (TNK) berhasil menjadi salah satu finalis Kampanye “New 7 Wonders of Nature”. TNK dinilai berhak melaju ke tahap final setelah menyisihkan kurang lebih 440 nominasi dari 220 negara.
“Pada tanggal 21 Juli 2009 pukul 12.07 GMT (19.07 WIB), New 7 Wonders Foundation telah mengumumkan TNK sebagai salah satu dari 28 finalis yang berhak untuk melanjutkan ke tahap final (Tahap III),” bunyi rilis Departemen Kebudayaan dan Pariwisata yang diterima detikcom, Rabu (22/7/2009).
Masyarakat Indonesia diharapkan memberi dukungan sebanyak mungkin agar Taman Nasional Komodo di Flores, Manggarai, Nusa Tenggara Timur, menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia.
Taman Nasional Komodo yang meliputi Pulau Komodo, Rinca and Padar, ditambah pulau-pulau lain seluas 1.817 persegi adalah habitat asli komodo. Taman Nasional Komodo didirikan pada 1980 untuk melindungi kelestarian komodo. Tak hanya hewan langka tersebut, Taman Nasional Komodo juga untuk melindungi berbagai macam satwa, termasuk binatang-binatang laut.
Taman Nasional Komodo akan bersaing dengan 27 finalis lain termasuk Laut Mati, Grand Canyon, Great Barrier Reef, Gunung Kilimanjaro, dan Kepulauan Galapagos.
Masyarakat dunia bisa memilih lokasi-lokasi mana yang layak berstatus keajaiban baru melalui internet maupun telepon. Tujuh besar pemenangnya akan diumumkan pada 2011. Menurut Ketua New7Wonders, Bernard Weber diharap 1 miliar penduduk dunia akan berpartisipasi dalam voting.
“Kampanye ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan mengenai alam, tak hanya yang ada di lingkungan kita tapi juga di seluruh dunia,” kata dia kepada AP, seperti dimuat laman JC Online, Selasa 21 Juli 2009.
Kampanye tujuh keajaiban dunia, tambah Weber, juga didedikasikan untuk generasi di masa depan. “Jika kita ingin anak-anak kita menjaga kelestarian alam, kita harus memberi contoh pada mereka,” tambah dia.
Weber mengaku sangat senang karena beberapa lokasi seperti laut Mati dan Hutan Amazon merupakan lokasi lintas batas negara. Sehingga, negara-negara yang merasa memiliki Laut Mati atau Amazon akan bekerjasama memenangkan jago mereka.
Ditambahkan dia, voting tertinggi datang dari sejumlah negara Asia termasuk Indonesia, India, Bangladesh, dan Vietnam. Demikian juga dengan Amerika Latin. “Namun, suara dari Amerika Serikat termasuk yang tertinggi,” kata Weber.
Sebanyak 28 finalis dipilih oleh sebuah panel ahli dari 77 nominasi. Sebelumnya ada 261 lokasi di dunia yang dicalonkan menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia.
Panel ahli diketuai Federico Mayor, mantan kepala Badan Pendidikan PBB (UNESCO). Penentuan finalis berdasarkan beberapa kriteria yakni soal geografis, keanekaragaman hayati dan arti penting lokasi bagi kehidupan manusia.
Sebelumnya, sekitar 100 juta orang memilih tujuh karya manusia yang termasuk keajaiban dunia tahun 2007 yakni Colosseum Italia, Tembok besar China, Taj Mahal India, Petra Yordania, Patung Kristus Penebus Dosa di Brazil, Machu Picchu di Peru, dan Piramida Chichen Itza Meksiko.
***
So, tunggu apa lagi, sekarang saatnya melakukan sesuatu yang nyata untuk mengharumkan nama negeri ini dan menunjukan pada dunia Indonesia kita yang sebenarnya.
Bagi anda yang akan memilih dapat melakukan dengan dua cara, Pertama memilih dengan cara online melalui website http://www.new7wonders.com. Kedua, memilih melalui telephone (SLI) dengan menekan +41 77 312 4041. Setelah pesan selesai dan terdengar bunyi beep tekan kode 7717 untuk memilih Taman Nasional Komodo.

Mari dukung Taman Nasional Komodo
Dukung Indonesia kita tercinta

Sumber: detikcom & VivaNews

Tidak ada komentar: